Senin, 08 Juni 2009

BODOHNYA AKU.... TAPI TETAP DICONTEK JUGA

Baru beberapa minggu yang lalu saya mendengar istilah 'microblogging'. Saya sempat bingung, istilah apa lagi itu? Soalnya, waktu itu saya hanya tahu blog, bukan blog 'kecil'....

Belakangan saya baru tahu bahwa microblogging ekivalen dengan (misalnya) twitter, plurk dan bahkan facebook juga. Wah, kalau tiga nama itu sih, sudah saya ketahui sejak lama! Dari ketiga web terkenal itu, hanya fb yang saya ikuti. Sebab, selain memang yang (konon) paling dikenal di seluruh dunia, fb lumayan komplit juga. Tak usahlah saya jelaskan, 'komplit'-nya di mana, semua juga tahu....

Hehehe, memalukan! Masa' istilah microblogging saja baru dengar! Ke mana saja saya selama ini?

Tapi... saya berusaha menghibur diri bahwa jelek-jelek begini, apa yang saya tulis pernah dicontek juga oleh pihak lain yang jauh lebih 'besar' dan lebih 'kuat'. Sebab, baru-baru ini juga, belum sampai sebulan ini, saya menemukan bahwa sebuah situs informasi dunia hiburan yang cukup terkenal telah mengambil begitu saja, secara bulat-bulat, sebuah halaman di Wikipedia! Halaman tersebut adalah halaman mengenai seorang aktor muda yang melejit di awal tahun 2000an.

Oleh situs informasi dunia hiburan tersebut, halaman mengenai aktor tersebut di-copy paste menjadi halaman biografi aktor bersangkutan di situs mereka, tanpa di-edit satu kalimat pun! Parahnya, situs tersebut tidak mencantumkan sumbernya, yakni Wikipedia. Saya tidak tahu apakah situs tersebut sudah meminta izin dari Wikipedia atau memang karena Wikipedia adalah ensiklopedia hingga pengambilan informasi apa pun dari Wikipedia tidak memerlukan izin. Namun, yang pasti, saya sebalnya minta ampun.

Sebab, meskipun bukan saya yang membuat halaman mengenai aktor tersebut, saya tahu bahwa dalam beberapa bulan ini, saya adalah salah seorang yang rajin meng-update informasi terbaru mengenai sang aktor. Jadi, saya ikut punya andil dalam membangun halaman tersebut, dong. Saya tidak tahu apa pendapat mereka yang juga telah menulis di halaman Wikipedia tersebut, tetapi saya tetap saja jengkel. Walau pun informasi yang dimuat di halaman Wikipedia tersebut bersifat umum dan mungkin mudah ditemukan di mana-mana, saya tetap merasa bahwa orang di balik situs info hiburan tersebut adalah orang yang malas yang bisanya hanya mencontek buah kerja orang lain. Katanya situs informasi, tapi kok mencomot informasi yang disusun oleh pihak lain begitu saja tanpa mencantumkan sumbernya? Apa tidak malu?

Tapi, sudahlah, saya bisa bilang apa? Kalau mau dongkol, ya dongkol saja sendiri. Nasib, nasib.... Maunya membantu orang lain mendapatkan informasi, malah dikerjai seperti ini....

Tidak ada komentar: